Breaking News

Sekda Oimonaha Waruwu Buka Forum Perangkat Daerah, Bahas RKPD Kota Gunungsitoli

Sekda Gunungsitoli

Gunungsitoli, HarianNias.com – 
Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli, Drs. Oimonaha Waruwu, membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Tahun 2024 tentang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Gunungsitoli Tahun 2025. Acara ini diselenggarakan di Ruang Rapat II Kantor Wali Kota Gunungsitoli,  Selasa (20/2/2024) dengan tujuan menyepakati dan membahas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah guna mendukung visi Pembangunan Daerah Tahun 2025.

Sekda Kota Gunungsitoli, dalam sambutannya, mengajak peserta forum untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan kasih-Nya yang memungkinkan pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Tahun 2024. Ia menekankan pentingnya RKPD sebagai Dokumen Perencanaan Tahunan yang menjadi implementasi RPJMD, mengidentifikasi permasalahan dan isu strategis daerah, serta mengakomodir aspirasi masyarakat dari tingkat desa/kelurahan hingga kota.

“Forum Perangkat Daerah hari ini merupakan Forum Strategis bagi Perangkat Daerah untuk membahas Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah dengan memperhatikan hasil Musrenbang kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD. Tujuannya adalah memperoleh masukan yang diperlukan dalam rangka penajaman usulan prioritas pembangunan daerah,” ujar Sekda.

Sekda juga menyampaikan gambaran umum kondisi Ekonomi Makro Kota Gunungsitoli Tahun 2023, mencatat peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,55 Persen dari tahun sebelumnya. Selain itu, persentase kemiskinan menurun, pertumbuhan ekonomi meningkat, dan tingkat pengangguran terbuka menurun, mencerminkan upaya positif dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat.

“Pada kesempatan ini, saya sampaikan gambaran umum kondisi Ekonomi Makro Kota Gunungsitoli Tahun 2023 sebagai berikut : Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Gunungsitoli Tahun 2023 sebesar 71,55 Persen meningkat bila dibandingkan dengan IPM Tahun 2022 sebesar 70,23 Persen, Persentase kemiskinan Kota Gunungsitoli pada Tahun 2023 sebesar 14,78 Persen menurun bila dibandingkan dengan kondisi Tahun 2022 sebesar 14,81 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Kota Gunungsitoli Tahun 2022 sebesar 3,11 Persen meningkat bila dibandingkan dengan kondisi Tahun 2023 sebesar 2,25 Persen, Inflasi Kota Gunungsitoli Tahun 2023 sebesar 2,35 Persen, Tingkat Pengangguran Terbuka Tahun 2022 sebesar 3,65 Persen menurun bila dibandingkan dengan Tahun 2023 sebesar 4,8 Persen, Gini Ratio Tahun 2022 sebesar 0,303 Poin menurun bila dibandingkan dengan Tahun 2023 sebesar 0,317 Poin”, ucap Sekda.

Pada akhir sambutannya, Sekda Kota Gunungsitoli menegaskan arah kebijakan pembangunan daerah Tahun 2025, yang menekankan pada penguatan ekonomi dan pengembangan infrastruktur kewilayahan strategis. Fokus pembangunan ditujukan pada sektor ekonomi kreatif, peningkatan kualitas ketenagakerjaan, pengembangan infrastruktur strategis, peningkatan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan, serta peningkatan tata kelola birokrasi pemerintah berbasis digital.

Dalam penutup, Sekda mengharapkan usulan prioritas pembangunan yang diajukan dapat disesuaikan dengan arah kebijakan dan fokus pembangunan Kota Gunungsitoli Tahun 2025. Ia juga meminta pimpinan perangkat daerah sebagai narasumber memberikan perhatian dan pertimbangan objektif terhadap setiap aspirasi masyarakat, yang akan menjadi landasan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan berikutnya.

0 Komentar

© Copyright 2022 - HARIAN NIAS - PUSAT BERITA KEPULAUAN NIAS